Sabtu, 01 September 2012

Materi Kelas 8: Fungsi Menu dan Ikon

Fungsi Menu dan ikon

1. Menu Bar 
              
             Menu Bar terdiri atas submenu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table,Window, dan Help, masing-masing submenu mempunyai fungsi sesuai karakter submenu itu sendiri untuk lebih jelasnya dibawah ini akan dibahas fungsi-fungsi menu dan ikon pada submenu terdiri atas:
a. Menu File
Menu ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk pengelolaan file, menu ini terdiri atas:
                  
b. Menu Edit
            Menu ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk penyuntingan (editing) dokumen. Menu ini berisi perintah-perintah terdiri atas:
• Undo                    : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut                       : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Copy                    : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard   : Membuka isi clipboard
• Paste                    : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip             berada
• Paste Spesial         : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
• Paste Hyperlink     : Menempatkan teks sebagai hyperlink
• Clear                     : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
• Select All               : Untuk memblok semua isi dokumen
• Find                      : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
• Replace                 : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
• Go To                   : Menuju ke halaman
• Links                     : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
• Object                   : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word 
c. Menu View
              Menu ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk pengaturan tampilan di layar dan pengaturan letak menu dan ikon-ikon tambahan, menu-menu ini terdiri atas:
                
• Normal                  : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
• Web layout            : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout             : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline                   : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
• Task Pane              : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars                : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler                      : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines                 : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map     : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer        : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes               : Melihat catatan hasil footnote
• Mark up                 : Menampilkan toollbar markup
• Full Screen             : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom                     : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
d. Menu Insert
              Menu ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk menyisipkan pengaturan halaman dokumen yang sedang dikerjakan, menu insert berisi perintah-perintah sebagai berikut:
                           
e. Menu Format
            Menu ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk pengaturan format dokumen, Format berisi perintah-perintah sebagai berikut:
                 
-Font                            : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
-Paragraph                   : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dokumen aktif
-Bullets and Numbering : Menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih
-Borders and Shading    : Memberikan bingkai dan arsiran
-Columns                       : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom
-Tabs                             : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen
-Drop Cap                     : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph
-Text Direction               : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
-Change Case                : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
-Fit Text                        : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat
-Background                 : Memberi warna latar belakang pada dokumen
-Theme                         : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
-Frames                        : Membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame.
-Autoformat                  : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru
-Style and Formating     : Mengubah style dan format
-Reveal Formating         : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks
-Object                         : Memformat suatu objek

f. Menu Tools
               Menu ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk pengaturan perintah-perintah yang lain terdiri atas:
                

-Spelling and Grammar   : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
paragraf dalam sebuah dokumen
-Language                      : Menjalankan fasilitas penerjemah bahasa -
-Word Count                 : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraph,dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
-Autosummarize             : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif
-Speech                         : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya
-Track Changes             : Menandai teks yang baru diubah sisinya
-Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya
-Protect Document         : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen
-Online Collaboration     : Mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
-Letters and Mailings      : Memuat surat melalui fasilitas wizard
-Macro                          : Membuat dan menghapus macro sendiri
-Template and add-ins   : Mengatur tampilan template
-AutoCorrect Options    : Memperbaiki teks secara otomatis
-Customize                     : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan
-Options                         : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save,User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.

g. Menu Table
               Menu ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk membuat dan melakukan pengaturan tabel serta perintah yang berkaitan dengan manipulasi tabel.
               
-Draw Table     : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel -
- Insert              : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
- Delete             : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
- Select             : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
- Merge Cells    : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
- Split Cells       : Memecah sel menjadi beberapa sel
- Split Table      : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
- Table AutoFormat       : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
- AutoFit           : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
- Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
- Convert          : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
- Sort                : Mengurutkan data atau teks
- Formula          : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
- Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
- Table Propertise          : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
h.Menu Window 
   Menu ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk menggunakan jendela aktif.
                           

- New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
- Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
- Split : Membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan.
I.Menu Help
   Menu ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk bantuan apabila kita menemui kesulitan dalam pemakaian Microsoft Word.
                        

- Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word
- Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
- Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms.Office melalaui internet.
- Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
- Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
- About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan

sumber: www.wikipedia.com





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar